--- AHLAN WA SAHLAN, SELAMAT DATANG DI NIKAH.COM, KAMI HADIR SEBAGAI SAJIAN UNTUKMU YANG AKAN MENIKAH DAN TELAH MENIKAH, SERBA-SERBI DALAM KELUARGA DAN ANAK-ANAK ---

Rabu, September 10, 2008

Doa

nikah.com - Doa tidak hanya mempunyai hikmah dalam menjalin hubungan antara manusia seorang hamba dengan Allah SWT, akan tetapi juga mempunyai hikmah menjalin hubungan antara sesama manusia; tidak hanya yang telah dikenal dan hidup dalam waktu yang bersamaan, akan tetapi doa merupakan mata rantai yang menghubungkan setiap manusia mukmin sepanjang masa.

Setiap muslim yang menjalankan Shalat, dalam membaca doa Tasyahud selalu menyebut : Assalaamu 'alaynaa wa 'alaa 'ibaadi-l Laahi-sh shaalihiin. Arti yang populer : mengirim salam kepada semua hamba Allah yang shaleh, yang baik, suatu pengharapan untuk memperoleh salam atau kesejahteraan secara umum, baik bagi mereka yang telah meninggalkan dunia yang fana ini, atau mereka yang masih hidup dengan tidak memandang suku maupun bangsa.

Shalawat yang berarti juga doa, yang sangat utama adalah Shalawat Ibrahimiyah, pelajaran sejarah yang sangat tepat dimana selalu dikenang jasa-jasa Nabi Ibrahim a.s. dengan keturunannya, Nabi-nabi Besar pada zamannya, sebagai Penegak Agama Tauhid.

Shalawat kepada Rasulullah SAW yang selalu diucapkan sewaktu nama beliau disebut merupakan jalinan yang sangat erat antara Rasul dengan segenap umat pengikutnya.

Selanjutnya tradisi mohon doa dan saling berdoa telah berlaku semenjak Rasulullah SAW; bukan hanya Rasul yang medoakan seseorang, bahkan Rasulullah pun pernah minta didoakan; pada waktu shahabat Umar r.a. akan berangkat melaksanakan Ibadah Haji Rasulullah SAW berpesan : "Jangan melupakan kami dalam doamu, wahai Saudaraku".

Shalat Janazah juga merupakan doa sebagai pengantar bagi seseorang yang akan menghadap Allah SWT; demikian pula doa yang diserukan oleh seseorang yang sedang ziarah qubur, sedikitnya dengan menucapkan salam.

Bukan hanya manusia yang menyerukan doa, bahkan para Malaikat pun berdoa, berdoa untuk manusia, tersebut dalam Firman Allah Qur-an Surat Al-Mukmin Ayat 7-8 dan 9. "(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan Malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampun bagi orang orang yang beriman (seraya mengucapkan) : Ya, Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang orang yang bertaubat dan mengikuti jalan (agama) Engkau, dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala. Ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka kedalam Sorga 'Adn yang telah engkau janjikan kepada mereka dan orang orang Shaleh diantara bapak-bapak mereka dan isteri-isteri mereka dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa dan Maha Bijaksana. Dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Barangsiapa yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu (kiamat), maka sesungguhnya Engkau telah memberi rahmat kepoadanya, dan itulah kemenangan yang besar.

Demikianlah eratnya hubungan diantara makhluk-makhluk Allah, antara manusia dan malaikat, meskipun keduanya berada di tempat yang berlainan; manusia di alam nyata/dunia adapun Malaikat di alam ghaib.

Tidak ada komentar:

sekolahbisnis.com